Penatalaksanaan diet untuk diabetes melitus pdf

Perubahan status mental bervariasi antara pasien yang satu dan lainnya.

Diabetes Melitus Tipe 1

Ht meningkat dehidrasileukositosis dan hemokonsentrasi merupakan respon terhadap stress atau infeksi. Beberapa saran untuk penderita DM adalah penatalaksanaan diet yang telah diprogramkan oleh dokter ataupun ahli gizi seharusnya tidak dianggap sebagai beban dalam menjalankannya, karena untuk keberhasilan penderita sendiri dalam mengendalikan kadar gula darah mereka serta meminimalkan komplikasi yang dapat terjadi.

Kontrol glikemik pasien sangat dipengaruhi oleh kepatuhan pasien terhadap anjuran diet meliputi, jenis dan jumlah makanan yang dikonsumsi. Kontrol glikemik merupakan pentingnya penyuluhan tersebut, dasar dari penanganan diabetes.

Perkumpulan Endokrinologi Indonesia, Koping yang perlu dikembangkan, melibatkan proses kognitif, afektif dan psikomotor, antara lain5: Namun, lamanya waktu untuk mengikuti program diet dapat menimbulkan kejenuhan dan stres pada penderita.

BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA DIABETES MELITUS

The occurence of stress in type-2 diabetes mellitus patients undergone dietetic counselling in internal medicine clinic Dr. Intake Energi Responden Gambar 4.

Selain itu keluarga juga dilibatkan dalam memberikan dukungan kepada pasien, karena hal tersebut juga akan menigkatkan kepatuhan, dalam Smet Penatalaksanan kegawat daruratan: Sumber lemak dalam jumlah terbatas yaitu bentuk makanan yang mudah dicerna.

Disamping itu pasien dapat mengalami penglihatan yang kabur, kelemahan dan sakit kepala. Risiko yang dihadapi pasien diabetes melitus dengan neuropati diabetik yaitu adanya ulkus yang tidak sembuh- sembuh dan amputasi jari atau kaki Subekti, Penurunan berat badan ringan atau sedang 5 — 10 kgsudah terbukti dapat meningkatkan kontrol diabetes, walaupun berat badan idaman tidak dicapai Hiswani, Adanya berbagai kendala dan kesulitan dalam melaksanakan program diet yang dianjurkan, dapat menimbulkan kejenuhan pada penderita.

Penatalaksanaan Diabetes Mellitus Terpadu. Penelaahan masalah dilakukan dengan multi perspektif atau multi sudut pandang.

Penderita ketoasidosis diabetik yang berat dapat kehilangan kira-kira 6,5 L air dan sampai hingga mEq natrium, kalium serta klorida selam periode waktu 24 jam. Mereka dapat memodifikasi diet, akan tetapi tetap memperhatikan aturan-aturan yang dianjurkan, misalnya menetapkan menu sehari-hari sesuai dengan makanan yang disenangi tetapi tetap memperhatikan aturan diet yang dianjurkan dengan jalan berkonsultasi dengan perawat, dokter atau ahli gizi.

Pengelolaan DM dimulai dengan pengaturan makan dan latihan jasmani selama beberapa waktu minggu. Resiko tinggi perubahan persepsi sensori berhubungan dengan perubahan zat kimia endogen, ketidakseimbangan elektrolit, glukosa, insulin 5. Glucoblock Capsule Green World mempertahankan organ-organ tubuh, mengurangi berbagai gejala klinis yang disebabkan oleh diabetes.

Olah Raga Dengan olahraga teratur sensitivitas sel terhadap insulin menjadi lebih baik, sehingga insulin yang ada walaupun relatif kurang, dapat dipakai dengan lebih efektif. Bila semua perilaku positif telah dilaksanakan, tentunya penderita DM tersebut dapat dimasukkan ke dalam kelompok penderita DM dengan kepatuhan tinggi.

Puspa Swara. Ada 6 langkah yang dapat dilakukan: Peningkatan kandungan serat dalam diet dapat pula memperbaiki kadar glukosa darah sehingga kebutuhan insulin dari luar dapat dikurangi.Sahabat perawat se Indonesia kami ucapkan selamat datang diblog kami, semoga semuanya dalam keadaan sehat, pada kesempatan kali ini kami bagikan askep diabetes mellitus tipe 1 yaitu sebuah dokumentasi perencanaan perawat untuk memberikan asuhan keperawatan pada Author: Doni Ice.

penatalaksanaan diet untuk mengurangi komplikasi pada penderita diabetes melitus. Pada hari Kamis tanggal 31 Maret melakukan pendidikan kesehatan mengenai tanda dan gejala, komplikasi, diet diabetes melitus dan komplikasi dan penatalaksanaan diet pada diabetes melitus.

Respon anggota keluarga terhadap tindakan yang dilakukan baik.

Diabetes Melitus

Abstrak Latar belakang: Penerapan diet merupakan salah satu komponen penting dalam keberhasilan penatalaksanaan diabetes. Kedisiplinan dan kepatuhan penderita selama hidupnya dibutuhkan untuk menaati program diet yang dianjurkan guna membantu mempertahankan gula darah yang normal sehingga dapat mencegah komplikasi.

untuk disusun suatu pedoman berbasis bukti mengenai DM Tipe-1 pada anak dan remaja. Atas nama Pengurus Pusat IDAI, kami mengucapkan selamat kepada Unit Kerja Koordinasi (UKK) Endokrinologi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) yang telah menerbitkan Panduan Praktik Klinis “Diagnosis dan Tata Laksana Diabetes Melitus Tipe-1 pada Anak dan Remaja”.

Penatalaksanaan Diabetes Melitus

4/17/ · Kegiatan utama penatalaksanaan Diabetes Melitus yaitu: a. Diet. Penderita DM ditujukan untuk mengatur santapan dengan komposisi seimbang berupa karbohidrat ( %) protein ( %), dan lemak ( %) yang dimakan setiap hari.

Jumlah kalori yang dianjurkan tergantung sekali terhadap pertumbuhan, status gizi, umur, stress akut dan kegiatan. Diabetes Melitus tidak dapat disembuhkan tetapi kadar gula darah dapat dikendalikan melalui diet, olah raga, dan obat-obatan.

Tatalaksana Pasien Diabetes

Untuk dapat mencegah terjadinya komplikasi kronis, diperlukan pengendalian DM yang baik (Perkeni, ). Klasifikasi Diabetes Melitus Klasifikasi etiologi Diabetes mellitus menurut American Diabetes.

Penatalaksanaan diet untuk diabetes melitus pdf
Rated 0/5 based on 20 review