Gambaran perubahan berat badan pada penggunaan kontrasepsi suntik

Sudah lebih dari tiga dasa warsa, program KB telah berjalan dan dilaksanakan dengan baik. Dapat diidentifikasi faktor yang mempengaruhi akseptor kontrasepsi suntik yang mempermasalahkan perubahan siklus menstruasi yaitu pengetahuan, pendidikan, peran keluarga, peran petugas kesehatan, pekerjaan, dan umur.

PERUBAHAN BERAT BADAN PADA PESERTA KONTRASEPSI SUNTIK

Mansjoer, A. Sehingga pengalaman dan pengetahuan yang mereka peroleh, dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk mengambil keputusan. Populasi dalam penelitian ini adalah semua akseptor aktif KB suntik 3 bulan minimal 4x penyuntikan di desa Puri semanding kecamatan plandaan kabupaten Jombang dengan sampelnya adalah seluruh akseptor aktif KB suntik 3 bulan minimal 4x penyuntikan yaitu 41 orang.

Keadaan inilah yang menjadikan para akseptor khawatir tentang perubahan siklus menstruasi. Semua alat kontrasepsi mempunyai efek samping dan efektifitas.

Dan jumlah penduduk di propinsi Lampung 7. Nomor 10 tahun tentang perkembangan kependudukan danperkembangan keluarga kecil sejahtera yang serasi dan selaras dengan daya dukung dan daya tampung lingkungan.

Setelah data terkumpul maka dilakukan pengolahan data kemudian dianalisis. Tujuan Penelitian Mengetahui gambaran pengetahuan tentang perubahan siklus menstruasi pada akseptor kontrasepsi suntik di Desa Ploso Buden Kecamatan Deket Kabupaten Pengetahuan ini dapat diberikan oleh petugas kesehatan melalui, penyuluhan atau konseling kepada akseptor kontrasepsi suntik tentang perubahan siklus menstruasi melalui kegiatan warga misalnya posyandu, PKK atau pada saat akseptor kontrasepsi suntik datang ke petugas kesehatan, sehingga akseptor bertambah yakin dalam menggunakan kontrasepsi suntik, terlebih mengetahui cara efektif dalam mengatasi masalah efek samping dalam penggunaan kontrasepsi suntik.

Tetapi apabila spotting terus berlanjut atau setelah tidak haid, namun kemudian terjadi perdarahan, maka perlu dicari penyebab perdarahan itu. Berdasarkan latar belakang tersebut penulis tertarik untuk meneliti lebih jauh mengenai perubahan berat badan pada peserta kontrasepsi suntik DMPA di Desa Puri semanding Kecamatan Plandaan Kabupaten Jombang.

Tempat penelitian ini dilakukan di desa Puri semanding, Kecamatan Plandaan, Kabupaten Jombang dan dilakukan pada tanggal Agustus. Metode kontrasepsi suntikan merupakan salah satu metode keluarga berencana yang popular dan menjadi gerakan keluarga berencana nasional serta peminatnya dari tahun ke tahun semakin 3 bertambah.

Selain karena metode kontrasepsi suntikan dapat membantu mengurangi masalahmasalah kewanitaan yang paling dasar dan utama bagi kesehatan reproduksi, pemakaian suntikan KB aman dan efektif, namun akseptor harus menggunakan suntikan KB secara periodik atau setiap 3 bulan sekali harus melakukan kunjungan ke pelayanan kesehatan baik bidan, puskesmas ataupun ke dokter.

Dan jika pengetahuan akseptor kontrasepsi suntik adekuat, maka mereka tidak akan khawatir untuk meneruskan program KB-nya. Dalam rangka mencapai tujuan pembangunan kesehatan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, telah dilakukan berbagai upaya pelayanan kesehatan masyarakat, diantaranya pelayanan keluarga berencana Abdul Bari Saifuddin, Martosewojo, S.

Sebagian besar pengetahuan manusia diperoleh melalui mata dan telinga Soekidjo Notoatmodjo, Kontrasepsi hormonal seperti suntik memiliki daya kerja yang lama, tidak membutuhkan pemakaian setiap hari tetapi tetap efektif dan tingkat reversibilitasnya tinggi, artinya kembali kesuburan setelah pamakain berlangsung cepat FK UNPAD: Menurut data tahun di Dinas Kesehatan Namun tidak semua akseptor akan mengalami kenaikan berat badan, karena efek dari obat tersebut tidak selalu sama pada masing-masing individu.

Pekerjaan, lingkungan pekerjaan dapat menjadikan seseorang memperoleh pengalaman dan pengetahuan baik secara langsung maupun secara tidak langsung Wahit Iqbal Mubarok, Sehingga menjadi program nasional dalam rangka mengendalikan jumlah penduduk di Indonesia. Bagi tempat penelitian Disarankan kepada masyarakat atau kaderkader dalam posyandu agar lebih berperan dan aktif dalam memberikan pendidikan kesehatan dan menyediakan banyak leaflet, brosur, poster atau media informasi lainnya tentang perubahan berat badan pada peserta kontrasepsi suntik DMPA.

Peneliti juga melakukan wawancara pada 5 akseptor KB hormonal, kelima ibu tersebut mengatakan telah menggunakan KB hormonal selama beberapa bulan, 1 tahun, 2 tahun, dan 3 tahun. Sedangkan yang lain menggunakan kontrasepsi lain antara lain: Hal ini menunjukan bahwa program KB telah diterima dan membudaya di masyarakat.

Peningkatan berat badan terjadi jika makanan sehari-hari mengandung energi yang melebihi kebutuhan yang bersangkutan, salah satu faktor yang menentukan peningkatan berat badan seseorang adalah aktivitas fisik.

Saran Lestari, I. Peran petugas merupakan sebagai model dalam perilaku hidup bersih, sehat, dan berbudaya serta membimbing seseorang untuk memecahkan masalah kesehatan Sudiharto, Dari pencapaian tersebut, masyarakat lebih memilih alat kontrasepasiyang sifatnya praktis dan efektifitas tinggi, seperti pil dan suntik Hantanto, Efek samping kontrasepsi suntik yang paling tinggi frekuensinya yaitu perubahan berat badan.

Hal ini menunjukan bahwa program KB telah diterima dan membudaya di masyarakat.Laju pertambahan penduduk di Indonesia dimasa ini kurang mengembirakan.

Hal ini dapat dilihat dari laju pertumbuhan di Indonesia berdasarkan sensus tahun mencapai 1,26% sedangkan jumlah kelahiran pertahun penduduk mencapai 20,02% (Hasil SKDI ) Pada tahun perkiraan jumlah penduduk Indonesia adalah juta jiwa dengan. Untuk mendapatkan gambaran nyata tentang kejadian perubahan berat badan yang dialami akseptor kontrasepsi suntik maka perlu dilakukan suatu penelitian untuk mengetahui sejauh mana pengaruh kontrasepsi 5 suntik dengan perubahan beratbadan.

Berdasarkan latar belakang tersebut penulis tertarik untuk meneliti lebih jauh mengenai perubahan berat badan pada peserta kontrasepsi suntik. Tidak sedikit dari akseptor alat kontrasepsi suntik yang menanyakan keluhan-keluhan atau efek samping alat kontrasepsi suntik, padahal mereka telah mengikuti atau menggunakan alat kontrasepsi suntik cukup lama.

Penggunaan alat kontrasepsi suntik mempunyai efek samping di antaranya adalah perubahan siklus menstruasi meliputi amenorea dan spotting, meningkatnya atau menurunnya berat badan, Author: MGS.

GAMBARAN EFEK SAMPING KONTRASEPSI SUNTIK PADA AKSEPTOR KB SUNTIK Sekar Wulan Sari1, Suherni2, Yuliasti Eka Purnamaningrum3 1Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, Jalan Mangkuyudan MJ III/ Yogyakartaemail: [email protected] Penggunaan suntik KB meningkat dari 28% pada tahun meningkat menjadi 31,6% pada tahun dan menjadi 46,84% pada tahun (Kemenkes RI, ).

Menurut Hartanto (), kontrasepsi suntik adalah kontrasepsi untuk wanita yang diberikan dalam bentuk suntikan yang mengandung hormon. Perubahan kenaikan berat badan merupakan kelainan metabolisme yang paling sering dialami oleh manusia.

Perubahan kenaikan berat badan ini dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti faktor hormonal yang terkandung dalam kontrasepsi suntik yaitu hormon estrogen dan progesteron.

Gambaran perubahan berat badan pada penggunaan kontrasepsi suntik
Rated 3/5 based on 83 review